Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama, Gampong Mulia Buat Dialog Harmony Mulia

Banda Aceh – Dalam rangka meningkatkan Harmoni Sosial dan Kerukunan Umat Beragama, masyarakat di Gampong Mulia membuat kegiatan berupa dialog Pekan Harmony Mulia.

Untuk menciptakan kerukunan umat beragama tersebut, Pj Keuchik Gampong Mulia, Ferdian, SE menyampaikan bahwa ulee jurong merupakan ujung tombak utama di masyarakat untuk menjaga keharmonisan agar tetap berjalan dengan baik.

Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara Coffee Morning dan Dialog Forum Kerukunan Gampong Mulia yang dilaksanakan di Ayani Hotel, Jumat (14/10/2022)

Ia mengatakan, bahwa kegiatan dialog yang digelar ini merupakah salah satu rangkaian dari acara Pekan Harmony Mulia yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. 

Pekan Harmony Mulia ini dilaksanakan untuk meningkatkan kerukunan masyarakat, khususnya di Gampong Mulia.

“Alhamdulillah pada bulan lalu, Kemenag Aceh memilih Gampong Mulia sebagai gampong sadar kerukunan dan mendapat supervisi dan pembinaan oleh Kemenag Aceh,” kata Ferdian, Sabtu (15/10/2022).

Dikatakan Ferdian, Kegiatan Pekan Harmony Mulia tersebut adalah bagian dari keseriusan pemerintah gampong dan pengurus gampong, yang sadar akan pentingnya menjaga kerukunan.

Kemudian lanjutnya, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk untuk memberikan contoh bagaimana kerukunan dan harmonisasi warga mulia dengan beragam etnis dan pemeluk agama lainnya.

“Kami terus melakukan koordinasi agar acara yang akan kita buat ini dapat memberikan dampak positif kepada Gampong Mulia sebagai gampong sadar kerukunan,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Kuta Alam Arie Januar SSTP MSi menyampaikan apresiasi kepada perangkat gampong, tokoh agama, dan stakeholder yang membantu menyukseskan acara ini.

“Kita berharap kerukunan beragama ini tetap terjaga, tidak hanya di Gampong Mulia, Gampong Peunayong, Gampong Laksana dan gampong lainnya di Banda Aceh,” tutupnya.

Kegiatan Dialog Kerukunan Gampong Mulia disampaikan oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Banda Aceh Dr Abdul Syukur MAg dengan judul Sosialisasi Moderasi Beragama di Gampong Sadar Kerukunan dan Ketua KUA Kecamatan Kuta Alam Erman Jaya M Ag dengan judul Peran KUA dalam Mewujudkan Konsep Moderasi Beragama.

‘https://aceh.tribunnews.com