Sosialisasi Penerapan layanan PAUD HI dan Penerimaan Buku Wakaf ke PAUD Bougenvile Gampong Beurawe

Banda Aceh – Bunda PAUD Kecamatan Kuta Alam melakukan kunjungan ke PAUD Gampong yang ada di Gampong Beurawe Kecamatan Kuta Alam pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Kunjungan dilakukan dalam rangka silaturahmi Bunda PAUD Kecamatan bersama para pengelola dan guru-guru PAUD Gampong.

Kunjungan ini turut didampingi oleh TP. PKK Kecamatan beserta Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3AP2KB),ibu Risda Zuraida, SE dan Supervisor Bintang Pejuang Sirah, ibu Hayani.

Selain silaturrahmi, giat yang dilakukan juga bertujuan untuk sharing dan juga untuk mengetahui sejauh mana kualitas PAUD Gampong Bougenvile yang ada di Gampong Beurawe serta sarana dan prasarana pendukung yang tersedia.

Kabid (DP3AP2KB) juga melakukan sosialisasi mengenai bagaimana penerapan layanan PAUD HI, mulai dari layanan pendidikan, kesehatan, pengasuhan, keamanan serta layanan gizi.

“Tujuan kita hadir disini untuk memastikan anak-anak mendapat haknya dan terlindungi. Hal ini juga termasuk salah satu bentuk dukungan yang kami berikan kepada pengelola PAUD dengan mengunjungi semua PAUD yang ada,namun dikarenakan adanya keterbatasan SDM maka diprioritaskan kepada yang meminta untuk dilakukan kunjungan, seperti pada hari ini ada kunjungan dari bunda PAUD Kecamatan. karena ini kerja bersama dari semua pihak maka kami juga ikut memanfaatkan moment ini untuk nantinya bunda paud dapat menyampaikan masukan-masukan yang ada baik itu ke HIMPAUDI maupun Pokja Bunda Paud Kecamatan,”terangnya.

Pada kesempatan yang sama Bunda PAUD Kecamatan, Tri Suci Apriyenny, A.Md berharap dengan adanya pertemuan ini semua pihak dapat berkolaborasi baik dari gugus tugas PAUD HI, Pemerintah Kota untuk saling bersinergi bersama membangun PAUD Gampong yang berkualitas.

PAUD Bougenvile Gampong Beurawe merupakan PAUD pertama yang telah melakukan pengadaan Alat Peraga Edukatif (APE) berupa buku sirah nabi dan juga penerima wakaf buku dari bintang pejuang sirah dan berharap gampong lainnya dapat turut serta melakukan pengadaan dalam rangka mendukung proses belajar.

Dengan adanya tambahan APE ini diharapkan anak-anak dalam kesehariannya dapat berperilaku dan menjadikan Sirah Nabi sebagai teladan paling sempurna dan dijadikan suri tauladan sehingga ketika memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi pembentukan karakter anak sudah lebih siap.

Yenny selaku bunda PAUD memastikan bahwa PAUD yang ada disetiap gampong di Kecamatan Kuta Alam didirikan tidak hanya untuk pemenuhan saja, namun ada keberlanjutan yang dilakukan untuk pemenuhan hak setiap anak mendapat pendidikan yang layak serta kualitas layanannya setara dengan PAUD swasta.

Lanjutnya, dengan adanya buku mengenai Sirah Nabi dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru kedepan berharap bisa dibekali ilmu bagaimana bisa memvisualisasikan kepada murid melalui story telling.

Dalam pertemuan, pengelola PAUD juga menyampaikan apresiasi dan antusiasnya atas perhatian dari Bunda PAUD dan dinas terkait yang menjadikan PAUD Bougenvile menjadi salah satu yang diperhatikan. Ibu Cut Amalia, S.Pd, selaku pengelola juga menyampaikan kendala yang ada terkait pengurusan perizinan, ketersediaan anggaran, serta sarana dan prasarana pendukung lainnya. (ann)