Camat Kuta Alam Lantik TPG Kota Baru

Banda Aceh – Berdasarkan Keputusan Walikota Banda Aceh No. 331 Tahun 2022 Tentang Pengesahan Tuha Peut Gampong Kota Baru Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh tanggal 13 Juni 2022, Camat Kuta Alam kembali melantik TPG untuk Gampong Kota Baru.

Pelantikan disertai pengucapan sumpah bagi Ketua, Wakil, Sekretaris beserta Anggota TPG berlangsung di Aula Serba Guna Gampong Kota Baru pada Senin, 27 Juni 2022 periode 2022-2028.

Adapun susunan TPG yang dilantik yaitu :

  • Sahridha, SE,M.Si sebagai Ketua TPG
  • Drs. Arifin Syamaun, M.Ed sebagai Wakil Ketua TPG
  • Riza Fachri sebagai Sekretaris TPG
  • T. Zulfikar, SE sebagai Anggota TPG
  • Dr. Arifin Zain, M.Ag sebagai Anggota TPG
  • Zulfinar, SE sebagai Anggota TPG
  • Dra. Masyithah Fauziana, MM, sebagai Anggota TPG

Camat Kuta Alam dalam arahannya mengucapkan terimakasih atas dedikasi TPG periode sebelumnya dan ucapan selamat kepada TPG yang baru dilantik.

Camat juga berharap keuchik, perangkat gampong, dan juga TPG dapat menjalin harmonisasi serta kerjasama dalam menjalankan roda pemerintahan. 

Keuchik dapat juga melibatkan TPG dalam fungsi pengawasan.

“Tugas dan fungsi TPG sudah diatur dalam Qanun Kota Banda Aceh No. 1 Tahun 2019 seperti salah satunya ada fungsi pengawasan dari TPG terhadap transparansi keuangan desa,”kata camat.

“Saya juga sudah meminta tidak hanya untuk Gampong Kota Baru saja, tapi untuk semua gampong yang ada dalam Wilayah Kecamatan Kuta Alam saya mewajibkan setiap pencairan dana desa untuk menyertakan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) terhadap pencairan dana desa sebagai bentuk akuntabilitas keuangan dan peraturan yang berlaku,”Jelasnya.

Hal ini dilakukan agar gampong lebih tertib dalam melaksanakan program dan kegiatan yang telah direncanakan serta LPJ juga turut disampaikan ke TPG sebagai pelaporan berkala.

Selain itu perlu adanya keterbukaan informasi publik untuk melaksanakan prinsip transparansi yang diinformasikan kepada masyarakat tidak hanya melalui LPJ saja, tapi juga melalui media informasi. (ann)