Gampong Lampulo Masuk Nominasi 20 Besar Penilaian Lomba PPID Se-Aceh

Banda Aceh – Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh mendapat kunjungan dari Tim Penilaian PPID dalam Rangka Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa Tingkat Nasional pada Jumat sore, 24 Juni 2022.

Bertempat di Kantor Keuchik Lampulo, tim melakukan verifikasi terkait dimana Gampong Lampulo masuk dalam 20 Gampong yang ikut dinilai.

Adapun tujuan verifikasi dilaksanakan untuk melihat sejauh mana Implementasi PPID gampong yang ada di Provinsi Aceh mengenai pelaksanaan UU No 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi dan tidak lanjut dari Peraturan Komisi Informasi No 1 tahun 2018 Tentang Standar keterbukaan Informasi yang salah satunya ada di Gampong Lampulo.

Selanjutanya dari 20 gampong yang dilakukan verifikasi dari 7 Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh, sebanyak 5 gampong akan mewakili Provinsi Aceh sebagai gampong dengan Keterbukaan Informasi Terbaik ke tingkat nasional.

Dalam presentasinya, Keuchik Gampong Lampulo Alta Zaini menjelaskan untuk dapat meningkatkan keterbukaan informasi yang ada, keuchik meminta dukungan dari semua pihak.

Segala layanan informasi pun tidak ada yang ditutup-tutupi dan juga untuk efisiensi, layanan dapat diakses baik itu melalui website maupun dari sosmed gampong.

Keuchik juga berharap setelah dilakukan verifikasi, Lampulo dapat mewakili Aceh dan meminta segala masukan serta kekurangan untuk dapat dibenahi demi memajukan PPID Gampong Lampulo yang lebih baik lagi.

Camat Kuta Alam, Arie Januar S.STP, M.Si yang juga ikut mendampingi keuchik sangat mengapresiasi Gampong Lampulo yang telah dipilih sebagai salah satu gampong yang masuk dalam nominasi untuk diverifikasi oleh Tim PPID Aceh.

“Saya percaya Gampong Lampulo dapat menjadi gampong terbaik dari seluruh kota/kabupaten lain karena kami sudah berkomitmen keterbukaan informasi publik tidak terlepas implementasinya mengarah kepada transparansi serta akuntabilitas,”katanya.

Dengan mempersiapkan segala hal serta kelengkapan yang telah disampaikan oleh tim, Arie pun berharap Gampong Lampulo dapat masuk dalam 5 gampong terpilih yang akan mewakili Provinsi Aceh di Tingkat Nasional.

Hadir dalam kunjungan Tim Verifikasi dari Komisi Informasi Aceh, Koordinator Tenaga Pendamping Provinsi Aceh, DPMG Aceh, DPMG Kota Banda Aceh, Diskominfotik Kota Banda Aceh, Camat Kuta Alam, TPG, Ulee Jurong, Ketua Pemuda, Unsur PKK Gampong Lampulo dan tokoh masyarakat lainnya. (ann)