Kecamatan Kuta Alam Mulai Salurkan BLT Dana Desa Tahap II

Banda Aceh – Gampong-Gampong dalam wilayah Kecamatan Kuta Alam Mulai menyalurkan BLT Dan Desa Tahap II sebesar 300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya. Hal tersebut disampaikan oleh Camat Kuta Alam, Reza Kamilin SSTP kepada media ini, Selasa (19/8).

Menurutnya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengkonfirmasi nominal bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa tahap II menjadi Rp 300 ribu per bulan untuk setiap keluarga penerima manfaat (KPM).

“Jumlah yang diterima ini berkurang dibandingkan nominal besaran BLT Dana Desa tahap I sebesar Rp 600 ribu per bulan untuk setiap KPM,” tambah Reza.

“Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menjelaskan, penyaluran BLT Dana Desa selama enam bulan dibagi menjadi dua model atau gelombang. “Model pertama adalah tiga bulan pertama yang dimulai dari April sampai Juni 2020 dengan nilai BLT Rp 600 ribu per bulan untuk setiap KPM,” jelasnya.

“Kemudian bulan ini sudah masuk gelombang kedua selama tiga bulan, yakni Juli s.d September, setiap bulannya diberikan Rp 300 ribu per KPM.“ Gampong Laksana menjadi Gampong Pertama di Kec Kuta Alam yang menyalurkan BLT DD tahap II “ ungkap Camat Kuta Alam, Reza Kamilin, S.STP.

“Selain Gampong Laksana, ada 4 Gampong lain di Kec Kuta Alam yang juga siap menyalurkan BLT DD Tahap II dalam 2 hari ini. 6 (enam) Gampong lainnya kita targetkan juga dapat menyalurkan di Agustus ini,” tambah Reza Kamilin.

Lebih lanjut Reza Kamilin menyampaikan penyaluran BLT di Gampong Laksana untuk 19 KPM, selain via rekening, juga diantarkan langsung ke rumah rumah penerima, dikarenakan penerima sudah uzur dan sedang menderita sakit.

Salah satu warga penerima bantuan, Maartje Languju (75) mengaku sangat gembira kembali menerima BLT DD Tahap II. “Terima kasih banyak kepada pemerintah atas bantuan tersebut, saya bahagia,” ungkap Maartje terharu.