Penginputan Bersama Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel)

Banda Aceh – Kecamatan Kuta Alam mengadakan kegiatan pemukhtahiran dan penginputan bersama Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel)  pada selasa (18/8/2020).

Bertempat di Aula Kantor Camat, Kegiatan ini diikuti oleh semua Kasi Pemerintahan Gampong di Wilayah Kecamatan Kuta Alam dan Operator Prodeskel.

Kasi Pemerintahan Mukim dan Gampong Kecamatan Kuta Alam, Boy Ferdian, SE yang juga bertindak sebagai moderator menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut laporan dari DPMG kota Banda Aceh terkait masih ada beberapa gampong yang belum melakukan penginputan prodeskel dan juga sebagai wujud tanggung jawab dan pembinaan kepada gampong-gampong yang ada dalam wilayah kecamatan.

Dalam sambutan dan arahannya, Camat Kuta Alam Reza Kamilin, S.STP  menyampaikan bahwa kegiatan ini harus mendapat perhatian serius dari pemerintahan gampong, karena sesuai dengan Permendagri No 81 Tahun 2015 hal ini juga menjadi faktor utama dalam penilaian lomba gampong. Data Prodeskel ini sangat penting, sebagai sumber data untuk menentukan kebijakan pemerintah dalam merencanakan pembangunan ke depan, dengan kualitas data profil yang baik, karena akan teridentifikasi berbagai permasalahan serta potensi setiap kelurahan.

Hadir sebagai narasumber yaitu Kabid Peningkatan kapasitas kelembagaan DPMG Kota Banda Aceh Sarwati, S.Sos dan dari unsur Kecamatan Kuta Alam  Zulfitri sebagai pemateri khusus penginputan profil.

Diharapkan selain tersusun data dasar yang akan menggambarkan secara utuh mengenai karakteristik Desa/Kelurahan, juga tentunya ingin mendorong Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa/Kelurahan untuk menjadikan data sebagai suatu kebutuhan dalam perencanaan pembangunan.