Kecamatan Kuta Alam mewakili Provinsi dalam Lomba Masak Serba Ikan

Banda Aceh – Kecamatan Kuta Alam keluar sebagai pemenang  lomba masak serba ikan yang berlangsung pada Kamis (20/06/2019) di Kantor Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan Banda Aceh setelah sebelumnya juga mengikuti lomba cipta menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). Adapun peserta lomba adalah tim penggerak PKK kecamatan dalam wilayah kota banda aceh.

 Kepala Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Banda dalam sambutannya pada Rabu (19/06/19) saat pembukaan berharap para peserta dapat mengembangkan dan menciptakan menu baru bebasis lokal dan dapat membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka jenis pangan dan ikan  dengan porsi yang seimbang serta cerdas memilih jenis pangan yang bergizi dan aman untuk dikonsumsi serta dapat meningkatkan berbagai jenis menu makanan khas dimasing-masing daerah ataupun dikecamatan. Selain itu juga dapat mendorong kreatifitas dan inovasi olahan pangan lokal yang bernilai komersial pada tahun 2019 yang akan menjadi bahan penilaian pada tingkat Nasional/provinsi.

Adapun dewan juri berjumlah sebanyak 3 orang yang berasal dari unsur akademisi, ahli gizi, dan perhotelan yang ada di Kota Banda Aceh. Juara pertama lomba cipta menu B2SA dan juara pertama lomba masak serba ikan akan mewakili kota banda aceh untuk mengikuti lomba tingkat provinsi pada bulan juli 2019 mendatang.

Wakil Walikota Banda Aceh memberikan apresiasi kepada peserta yang telah menyiapakan diri sehingga dapat mengikuti kegiatan ini dengan harapan peserta dapat berinovasi terhadap masakan-masakan yang berhubungan dengan daerah pesisir sehingga bisa menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke kota banda aceh mengingat Walikota Banda Aceh sangat gencar untuk mensosialisasikan, mengundang dan mengajak orang diluar Kota Banda Aceh untuk menikmati kuliner khas. Selain itu wakil walikota juga berharap agar dapat dipublikasikan sehingga dapat diketahui oleh khalayak ramai.

Pemenang lomba masak serba ikan yang telah ditetapkan oleh juri adalah sebagai berikut:

  • Juara 1 diraih oleh kecamatan Kuta Alam (511 poin)
  • Juara 2 diraih oleh kecamatan Syiah Kuala (460 poin)
  • Juara 3 diraih oleh kecamatan Kuta Raja (459 poin)
  • Harapan 1 diraih oleh kecamatan Bandar Raya (456 poin)
  • Harapan 2 diraih oleh kecamatan Lueng Bata (448 poin)
  • Harapan 3 diraih oleh kecamatan  Baiturrahman (442 poin)

Aspek penilaian dilihat dari segi gizi dan nutrsi nya yang harus seimbang, bukan hanya beragam makanan saja namun nilai gizi menjadi yang utama. Dengan perolehan nilai sebanyak 511 poin Kecamatan Kuta Alam Keluar sebagai pemenang. Selain mendapatkan penghargaan dan hadiah menarik dalam lomba yang diselanggarakan pada hari kedua ini, Kecamatan Kuta Alam akan menjadi utusan dari Kota Banda Aceh untuk mengikuti lomba masak serba ikan ditingkat nasional pada bulan Juli mendatang.

(anna)