Kecamatan Kuta Alam Tuntaskan Pemutakhiran dan Verifikasi Indeks Desa Membangun (IDM)

Banda Aceh – Sebanyak 11 Gampong dalam Wilayah Kecamatan Kuta Alam telah selesai melakukan Pemutakhiran dan Verifikasi data Indeks Desa Membangun (IDM) pada Kamis (30/5/2024).

Plt. Camat Kuta Alam Ria Jelmanita, S.Sos mengatakan bahwa pemutakiran IDM dilakukan setiap tahunnya dalam rangka mengukur kemajuan pembangunan desa secara umum dan juga untuk memberikan panduan dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang lebih tepat sasaran dan efektif.

Hasil penginputan IDM dapat menentukan status kemajuan dan kemandirian gampong dengan 5 kategori yakni sangat tertinggal, tertinggal, berkembang, maju dan mandiri.

“Kecamatan Kuta Alam dibanding tahun-tahun sebelumnya masih ada gampong yang statusnya pada kategori maju, Alhamdulillah, sejak tahun 2023 sampai 2024 saat ini sudah masuk dalam kategori gampong mandiri dimana 11 gampong telah memenuhi 3 dimensi Indeks Desa Membangun dalam Bidang Ekonomi, Sosial dan Lingkungan,” jelas Ria.

Adapun tahapan penginputan IDM dilakukan sesuai dengan keadaan nyata di masing-masing gampong yang diisi oleh perangkat gampong dan turut didampingi oleh Pendamping Lokal Desa (PLD).

 Selanjutnya akan dilakukan verifikasi dan pemutahkiran hasil penginputan di tingkat kecamatan oleh camat yang didampingi oleh Pendamping Desa (PD).

“Hasil ini nantinya akan diverifikasi lagi pada tingkat kabupaten, provinsi dan terakhir oleh DJP PMD Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,” tutupnya. (ann)