Turunkan Angka Stunting, Gampong Laksana adakan Rembuk Stunting

Banda Aceh – Dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di Gampong Laksana, Pemerintah Gampong Laksana menyelenggarakan rembuk stunting di Aula Serbaguna Gampong Laksana pada Rabu (21/12/2022).

Kegiatan turut dihadiri oleh Pj Keuchik Gampong Laksana, Ketua TP PKK Kecamatan Kuta Alam, Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia (KPM), Bidan Desa, Tenaga Pelaksana Gizi (TPG), narasumber dan tamu undangan lainnya.

Pj Keuchik Gampong Laksana, Zamzami yang membuka kegiatan menyampaikan kegiatan apa saja yang sudah dijalankan dan diharapkan dapat menjadi acuan untuk penanganan serta strategi ke depan dalam hal penanganan dan pencegahan stunting.

Sekdes Gampong Laksana, Cut Diana ST memaparkan adapun kegiatan yang sudah berjalan berupa pemberian makanan tambahan bergizi untuk anak malnutrisi, dibukanya kelas ayah yang membahas dan memberikan edukasi-edukasi gizi kepada orang tua yang anaknya mengalami malnutrisi serta kegiatan parenting mengenai pola asuh anak.

“Saat ini terdapat 11 anak dengan kasus terindikasi stunting, kedepan kita berharap dengan kegiatan yang sudah berjalan dapat menurunkan dan menekan angka stunting yang ada,” tuturnya.

“Gampong laksana juga sering diikutkan pada project kota yang juga menunjang peningkatan kapasitas para aparatur yang ada digampong,” terang Dian.

Ketua TP PKK Kecamatan Kuta Alam Tri Suci Apriyenny, A.Md dalam sambutannya menyampaikan rumah gizi gampong yang telah terbentuk dapat menjadi wadah untuk pencegahan stunting, tidak hanya sekedar pemberian makanan tambahan saja namun bisa mengedukasi orang tua anak seperti bagaimana cara mengolah makanan yang praktis dan murah dengan tetap mempertimbangkan nilai gizinya.

Selanjutnya, juga turut dipaparkan oleh narasumber Junaidi, SST, M. Kes perihal rembuk stunting, langkah pencegahan yang bisa dilakukan dan juga diskusi terkait permasalahan serta kendala yang dihadapi oleh kader terkait stunting.

https://diskominfo.bandaacehkota.go.id,