Camat Kuta Alam buka Secara Resmi Lomba Masak Serba Telur di Gampong Mulia

Banda Aceh – Dalam rangka memeriahkan suasana perayaan HUT RI ke 77, Camat Kuta Alam Arie Januar S.STP, M.Si membuka secara resmi lomba masak serba telur pada Kamis, 25 Agustus 2022.

Bertempat di Halaman Kantor Keuchik Gampong Mulia, Kegiatan diikuti oleh 9 Kelompok yang terdiri dari 2 orang perwakilan ibu-ibu dari 9 Dusun yang ada di Gampong Mulia.

Arie sangat mengapresiasi kegiatan dibuat dalam rangka menyambut Hut Kemerdekaan RI yang juga sinkron dengan perwujudan gampong dalam pencegahan stunting dengan bahan masak yang murah dan mudah untuk diolah dengan tetap memperhatikan nilai gizinya.

“Mulai tahun 2022 ini Kecamatan Kuta Alam sudah berkomitmen kepada seluruh gampong untuk melaksanakan RGG dengan sepenuhnya. Tidak hanya sekedar nama saja namun kita wujudkan semua gampong dalam evaluasi awal tahun wajib menganggarkan RGG. Kader juga akan dibantu oleh pihak puskesmas sehingga kedepan tidak ada lagi kasus stunting”. Katanya.

Arie juga menambahkan saran agar lebih meriah dan menarik kedepan dapat dikreasikan lomba masak isi piringku dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang sehingga nutrisi anak terpenuhi dengan baik.

Pj Keuchik Gampong Mulia, Boy Ferdian SE selaku penyelenggara acara dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan lomba masak serba telur seperti ini baru pertama sekali diselenggarakan dan ada kaitannya juga dengan isu penurunan stunting.

Boy berharap kegiatan seperti ini dapat dijadikan agenda rutin dan berharap ibu-ibu di gampong dapat terus tetap kompak.

Perwakilan Tim Juri, Ir. Buraida yang berasal dari PKK Kota Banda Aceh menyampaikan yang menjadi penilaian adalah gizi dari makanan yang dibuat baik itu dari menu utamanya dan juga menu ringan berupa snack yang bahan dasarnya berupa telur.

“Bersama dengan Ahli Gizi Puskesmas Kuta Alam, Ibu Nusbah kami akan menilai dari unsur gizi dan vitamin yang terdapat pada olahan makanannya. Selain itu kreativitas ibu-ibu dalam menyajikannya nanti diatas piring, kebersihan, waktu memasak dan juga kesesuaian nama menu dengan tema yang diperlombakan serta kekompakan ibu-ibu dalam team, katanya”.

Lanjutnya Buraida juga menyampaikan tidak hanya sekedar lomba saja namun dapat dipraktekkan juga dirumah.

Adapun yang keluar sebagai juara yaitu Dusun T. Laksamana sebagai juara pertama, diikuti juara kedua oleh Dusun Tgk. Diblang, Juara ketiga Dusun Malahayati, Juara Keempat Dusun Tgk. Dileupu dan juara kelima dari Dusun Pocut Meurah Inseun yang masing-masing diberikan piagam penghargaan dan uang saku.

Turut berhadir Penjabat Ketua TP PKK Kota Banda Aceh beserta jajarannya, Ketua TP PKK Kecamatan Kuta Alam beserta jajarannya, Perwakilan Gizi dari Puskesmas Kuta Alam, Tuha Peut dan Ulee Jurong , Perangkat Desa Gampong Mulia berserta jajarannya  dan juga warga sekitar. (ann)