Kecamatan Kuta Alam Lakukan Monitoring dan Pendampingan Pelaksanaan BIAN

Banda Aceh – Dalam Rangka Sosialisasi Imunisasi Campak Rubella dan Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Kecamatan Kuta Alam melakukan Pemantauan dan Pendampingan terkait Pelaksanaan Imunisasi Campak Rubella di SMPN 6 Kota Banda Aceh pada Selasa, 19 Juli 2022.

Kegiatan dilaksanakan untuk menindaklanjuti instruksi dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia No.SR.02-06/C/3175/2022 Tanggal 23 Juni dalam hal Perpanjangan waktu pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahap I untuk Provinsi Aceh yang telah diperpanjang hingga 29 Juli mendatang.

Sasaran imunisasi campak Rubella dilakukan pada anak usia 9 bulan s.d 15 tahun usia sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Ditargetkan dari 11 sekolah yang akan dikujungi dalam Wilayah Kecamatan Kuta Alam, total sasaran yang akan divaksin sebanyak 3.740 anak dan total keseluruhan target perhari sebanyak 1.318 anak.

Sebelum dilakukan imunisasi, oleh petugas puskesmas yang berasal dari Puskesmas Lampulo melakukan skrining kesehatan kepada anak untuk memastikan kondisi tubuh anak sehat dan siap untuk dilakukan imunisasi yang juga turut didampingi oleh wali murid.

Diharapkan setelah pelaksanaan BIAN dapat melindungi anak dari penyakit yang dapat dicegah melalui imunisasi. 

Selain di Sekolah, akses pelayanan juga dapat di lakukan melalui Fasyankes dan pos imunisasi lainnya. (ann)