Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota TPG Lamdingin, Camat minta TPG menjadi Mitra Geuchik untuk Kemajuan Bersama

Banda Aceh – Camat Kuta Alam Reza Kamilin.S.STP mengambil sumpah dan melantik anggota TPG Lamdingin periode 2020-2026, pada senin pagi (18/05/2020). Adapun yang bertindak sebagai pengukuh sumpah yaitu kepala KUA Kecamatan Kuta Alam, H. M. Iqbal. SAg. MH.

Bertempat di Aula Kecamatan Kuta Alam, acara tersebut turut dihadiri oleh para Muspika dan unsur pemerintahan Gampong Lamdingin.

Sesuai Keputusan Walikota Banda Aceh Nomor 108 tahun 2020, susunan TPG Lamdingin periode 2020-2026 adalah sebagai berikut:

– Yusfa, SH (ketua)
– Iskandar (wakil)
– Fauzi (sekretaris)
– Fakhrurrazi (anggota)
– Zainuddin Yusuf (anggota)
– Muhammad Firaz (anggota)
– Dadan Romdlon (anggota)
– Anwar Samad (anggota)
– Ery Effendi (anggota)

Camat dalam arahannya menyampaikan betapa pentingnya peran TPG dalam pemerintahan gampong. Berdasarkan Peraturan yang berlaku, fungsi TPG adalah membahas dan menyepakati rancangan Qanun gampong bersama keuchik, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan melakukan pengawasan kinerja keuchik.

“Dari tiga fungsi ini sudah jelas TPG adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati qanun gampong yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan gampong ,” tegas Reza Kamilin.

Reza Kamilin menambahkan, dengan latar belakang yang berbeda-beda maka TPG bisa menjadi kekuatan untuk bisa merumuskan pembangunan di gampong. Para anggota TPG harus memiliki kemampuan untuk merumuskan dan menyusun rencana pembangunan berdasarkan aspirasi masyarakat . Hubungan yang dinamis dan harmonis antar Keuchik dengan TPG adalah kunci sukses pembangunan gampong. Hubungan baik ini perlu terus di jaga dan harus semakin produktif.

BLT Dana Desa.
Pada kesempatan tersebut, Camat Kuta Alam juga mengingatkan kembali agar gampong segera menyusun APBG P 2020 dan melaksanakan Musyawarah Gampong Khusus (Musgamsus) guna menetapkan siapa saja penerima BLT yang bersumber dari dana desa. Hampir semua gampong di Kecamatan Kuta Alam sudah melaksanakan Musyawarah Gampong Khusus (Musgamsus) dan data para calon penerima BLT Sumber Dana Desa sudah dikirim ke Kantor Camat untuk disahkan oleh Camat atas nama Walikota Banda Aceh.

“Sebelum Lebaran Idul Fitri, target kami BLT sumber Dana Desa sudah tersalurkan di Kecamatan Kuta Alam. Saat ini siang malam kita mengawal Gampong untuk segera merampungkan proses pencairan BLT tersebut. Dengan adanya kebijakan bisa dengan metode bayar tunai dari Kementrian Desa, Insya Allah penyaluran BLT akan semakin cepat dan muda “ tambah Reza Kamilin.

Camat meminta TPG yang baru dilantik agar dapat segera bekerja. Mengingat kondisi saat ini dimana semua gampong tengah disibukkan dengan berbagai laporan dan harus bertindak cepat serta dapat bersinergi dengan keuchik dalam menjalankan roda pemerintahan. “TPG harus menjadi mitra yang bahu membahu dengan keuchik untuk kemajuan bersama”, Tutupnya.

Acara tersebut turut dirangkai dengan penyerahan piagam penghargaan dari Keuchik Lamdingin, Anas Bidin Nyak Syech kepada anggota TPG periode yang lama sebagai wujud rasa terima kasih dari unsur keuchik dan warga atas sumbangsih mereka selama ini.

 

(ann)