Pembinaan Lomba Masjid dalam Kota Banda Aceh tahun 2018

Banda Aceh – Kegiatan pembinaan lomba masjid yang  diselenggarakan oleh Dinas Syariat Islam kota banda aceh dilaksanakan di Masjid Al-Furkan Gampong Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Selasa (6/11/2018). Dari pihak gampong/ pengurus masjid Al-furkan beurawe, turut hadir ketua BKM, sekretaris, Bendahara serta remaja masjid. Kegiatan yang diadakan setiap tahun ini nantinya akan diikuti oleh perwakilan dari masjid-masjid dalam 9 kecamatan yang ada dikota banda aceh. Adapun penilaian yang dijadwalkan pada tanggal 14 November 2018 mendatang.

Pembinaan ini dilakukan oleh tim perlombaan masjid yang diketuai oleh Bapak H. Basri Abu Bakar, selaku ketua DKMA (Dewan Kemakmuran Masjid Aceh) dan lintas sektor terkait.  Kegiatan ini juga turut difasilitasi oleh kasi keistimewaan aceh dan kesos kecamatan kuta alam, Bapak Zulfitri.

Adapun penilaian dilakukan dibeberapa bidang yaitu:

  1. Bidang Imarah (Pelaksanaan Ibadah)
  2. Bidang Idarah (Administrasi)
  3. Bidang Ri’ayah (Pemeliharaan sarana dan prasarana)
  4. Kegiatan penunjang Remaja Masjid
  5. Kegiatan penunjang Pelaksanaan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam)

Penilaian ini juga mencakup standar kebersihan dan kesucian masjid sesuai peraturan Walikota Banda Aceh No 12 Tahun 2017 Tentang Standar Kebersihan dan Kesucian Masjid dikota Banda Aceh yang meliputi Standar kebersihan Perkarangan masjid, Standar kebersihan kesucain tempat wudhu, dan toilet serta standar kebersihan dan kesucian didalam masjid.

[anna]