Tim Penilai UKS/M Sambangi Sekretariat TP. UKS Kecamatan Kuta Alam

Banda Aceh – Tim Penilai UKS/M Provinsi yang terdiri dari unsur Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, Poltekes Kemenkes Aceh mengunjungi TP. UKS Kecamatan Kuta Alam. Tim penilai/ Asesor juga turut didampingi oleh unsur dari Dinas Kesehatan dan TP. UKS Kota Banda Aceh.

Kunjungan dilakukan dalam rangka penilaian lomba sekolah/madrasah sehat tahun 2022. 

Camat Kuta Alam Arie Januar, S.STP, M. Si didampingi Sekretaris Camat Ria Jelmanita, S.Sos, KUA Kuta Alam, Danramil 13 Kuta Alam, Kapolsek Kuta Alam beserta anggota sekretariat TP.UKS, Kecamatan Kuta Alam, menyambut hangat kedatangan Tim Penilai Sekolah/ Madrasah Sehat di ruang kerja camat pada selasa sore, 2 Agustus 2022.

Bapak Drs. Aiyub, MA selaku Tim Asesor Kanwil Kemenag Provinsi Aceh mengawali penilaiannya menjelaskan, dari total keseluruhan sekolah yang telah dikunjungi nantinya akan dipilih dari 6 terbaik menjadi 4 terbaik dari masing-masing tingkatan. Finalnya hanya akan ada satu sekolah yang akan diikutsertakan diajang provinsi pada oktober mendatang.

 “Tim sudah memberikan penilaiannya dari 14 Sekolah terpilih yang ada di Aceh mulai dari wilayah timur, barat, selatan dan tengah termasuk Kota Banda Aceh yang kami kujungi hari ini. Terakhir besok ada di wilayah Aceh Besar ada 2 madrasah lagi yang akan kita kunjungi,” tuturnya.

Lanjutnya, Aiyub menyampaikan untuk Wilayah Kuta Alam, ada 1 madrasah yang sudah divisitasi, yaitu MAN 1 Banda Aceh dengan perhitungan penilaian akan diakumulasikan dari nilai madrasah, nilai TP. UKS Kecamatan dan nilai dari TP. UKS Kabupaten/Kota. 

Aiyub juga menyampaikan evaluasinya berdasarkan hasil visitasi dilapangan pada MAN 1 dimana MCK yang tidak sesuai dengan rasio jumlah siswa. Sedangkan untuk TP. UKS Kecamatan penilaian terhadap ruang sekretariat sudah memadai, hanya saja perlu adanya perbaikan pada warna logo UKS, perbaikan pada struktur organisasi, dan penyesuaian kembali SK dengan menambahkan unsur DPMG,DLHK3, BPBD, BKKBN, KUA, Kelompok Kerja Kepala Sekolah/Madrasah (K2S/M) menyesuaikan program kerja berdasarkan tupoksinya. 

Camat Kuta Alam selaku Pembina TP. UKS Kecamatan menyampaikan ucapan terimakasihnya atas saran dan masukan yang sudah disampaikan oleh tim asesor dan berharap kedepan dapat segera terbenahi serta menambahkan apa saja yang perlu ditingkatkan baik dalam sarana maupun prasarananya.

“Terima kasih juga kepada tim kecamatan yang dikoordinir oleh sekcam dengan segala keterbatasan yang ada dapat menyiapkan segala keperluan yang dinilai, termasuk pemanfaatan lahan untuk tanaman TOGA, ketersediaan ruang sekretariat dan kelengkapan administrasi lainnya,” katanya.

Camat juga mendukung program UKS/M yang telah dijalankan selama ini dan berharap bisa memaksimalkan potensi dan dapat saling mengisi peran yang ada dari masing-masing tim dibawah binaannya.

“Kami optimis masih menjadi yang terbaik di Kota Banda Aceh, dengan dukungan dari semua pihak semoga MAN 1 yang berada dalam wilayah kecamatan Kuta Alam mewakili dari Kota Banda Aceh untuk tepilih dan melaju ke tingkat nasional pada ajang lomba sekolah sehat, “ tutupnya. (ann)