Gerakan Vaksinasi Lansia

Banda Aceh – Kecamatan Kuta Alam telah menyelesaikan kegiatan Vaksinasi Lansia. Kegiatan yang berlangsung sejak 11 – 16 Oktober 2021 ini tersebar di 11 Gampong dalam wilayah kecamatan.

Kegiatan vaksinasi lansia melibatkan Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Kuta Alam dan Tim Satgas PPKM Mikro masing-masing gampong dan dikoordinasikan oleh Forkopimcam Kuta Alam serta melibatkan Tim Medis Puskesmas Lampulo dan Puskesmas Kuta Alam.

Camat dalam arahannya menyampaikan pemerintah saat ini sedang fokus dengan vaksinasi lansia, mengapa menjadi penting karena dari beberapa indikator untuk penentuan level PPKM di Kota Banda Aceh yang saat ini berada di level 3.

“Salah satu syarat yang belum bisa kita capai adalah, vaksinasi lansia dengan target capaian minimal 40% untuk bisa turun ke level 2 dan untuk saat ini baru memenuhi 20 %. Jika sudah sampai 60 % maka baru bisa turun ke level 1, “Kata Camat.

“Walaupun para lansia ini sudah divaksin, prokes 3M ( Mencuci tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak) tetap harus di laksanakan, karena kemungkinan untuk terpapar oleh virus akan tetap ada namun kemungkinan untuk penderita gejala parah akan semakin kecil”,lanjutnya.  

Sesuai instruksi Walikota Banda Aceh, Camat juga menghimbau kepada masyarakat yang belum divaksin untuk segera divaksin sebagai salah satu bentuk ikhtiar terhadap covid-19 dikarenakan kelompok lansia saat ini menjadi salah satu kelompok dengan risiko dampak kesehatan paling tinggi apabila terpapar covid-19.

Terkait Peningkatan Deteksi Dini Tracing Kontak Erat dan Cakupan Vaksinasi maka akan dilakukan pendataan vaksin agar dapat terintegrasi dengan baik.

Para keuchik nantinya akan mengkoordinasikan para ulee jurong untuk melakukan pendataan warga didusun masing-masing yang berumur di atas 12 tahun untuk selanjutnya diberikan edukasi kepada masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi di tempat-tempat yang tersedia yang akan dibantu oleh Banbinsa, Bhabinkamtibmas, Satlinmas Gampong serta Kader Posyandu.

(zf/ann)