Di Tengah Pandemi Covid-19, Petugas Puskesmas Lampulo Banda Aceh Tetap Laksanakan Posyandu

Banda Aceh – Pihak UPTD Puskesmas Lampulo, Banda Aceh tetap  melaksanakan Posyandu di wilayah kerja mereka.  Salah satunya di Posyandu Melati, Gampong Lamdingin, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Tentu kegiatan ini mereka lakukan sesuai protokol kesehatan di tengah meningkatnya jumlah orang yang terkena Covid-19 di Aceh, terutama di Banda Aceh. 

 “Semuanya tetap memakai masker dan menjaga jarak serta mencuci tangan pakai sabun”, Kata Kepala UPTD Puskesmas Lampulo, Banda Aceh, Hayatun Rahmi SKM melalui penyuluh kesehatan Ahli Madya, Cut Maulida, SKM Senin (10/8/2020).

“Bulan Agusutus adalah bulan pemberian vitamin A. Wilayah kerja Puskesmas Lampulo mencakup lima gampong yang Posyandunya delapan. Posyandu yang sudah berjalan tiga, yaitu Posyandu Melati, Posyandu Raudhatul Jannah, dan Posyandu Cempaka.

Ada 5 Posyandu lagi yang akan kita laksanakan dalam minggu ini,” sebut Cut Maulida. Cut Maulida mengakui selama pandemi Covid-19, terjadi penurunan kunjungan ke Posyandu. Hal ini dikarenakan beberapa warga lebih memilih untuk di rumah.

UPTD Puskesmas Lampulo juga melakukan penyuluhan di posyandu dan penyuluhan keliling mengenai Covid-19.Penyuluhan keliling melibatkan tim Muspika Kuta Alam di tempat umum seperti Pasar Mahirah Lamdingin, warung kopi, dan sebagainya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Posyandu Melati Darmayanti mengatakan, perbedaan Posyandu sebelumnya dengan Posyandu yang dilakukan pada masa covid-19 ini jelas berbeda.

Pengunjung yang datang tidak seramai biasanya, ini karena pembatasan yang dilakukan untuk meminimalisir terjadinya keramaian dan tetap bisa jaga jarak.

“Biasanya kan ramai, kalau sekarang satu-satu, yang lainnya kita suruh tunggu dulu secara bergantian,kalau sudah selesai langsung pulang, ” ujarnya.

Selain untuk menghidari keramaian, ia juga mengimbau warga agar selalu memakai masker dan mencuci tangan sebelum beraktivitas