Penyaluran BLT di Kecamatan Kuta Alam tuntas 100 persen

Banda Aceh – sebanyak 11 Gampong di Kecamatan Kuta Alam telah selesai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap I yang bersumber dari Dana Desa. Penyaluran tersebut dilaksanakan dalam rentang waktu mulai 20 Mei sampai dengan 29 Mei 2020.

“ mengingat proses yang sedemikian rupa, target kami di Bulan Mei, BLT DD Tahap I harus sudah tersalurkan kepada penerima, dan Alhamdulillah target tersebut tercapai “ ungkap Camat Kuta Alam, Reza Kamilin, S.STP.

Menurut Reza, Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak. Perangkat Gampong, Tuha Peut, Pendamping Dana Desa, Pihak Kecamatan bahkan pihak DPMG Kota Banda Aceh ikut lembur untuk mempercepat proses pencairan BLT ini. Kerja Lembur sampai sahur ini guna mengakselerasi proses penyaluran, mengingat pentingnya dana ini bagi masyarakat yang terdampak Covid 19.

Dalam penyaluran BLT DD Tahap I ini di Kecamatan Kuta Alam, dana yang disalurkan kepada masyarakat di 11 Gampong mencapai Rp 517.200.000 (lima ratus tujuh belas juta dua ratus ribu rupiah) dengan total Keluarga Penerima Manfaat sebanyak 862 KK atau sekitar 7 persen dari jumlah KK di Kecamatan Kuta Alam.
Penyaluran dilaksanakan melalui transfer rekening dan pembayaran tunai. Setiap Keluarga Penerima Manfaat menerima Rp. 600.000 per bulan selama 3 bulan.

Sesuai yang di atur dalam Permendes PDT Nomor 6 Tahun 2020, BLT-Dana Desa adalah bantuan untuk penduduk miskin yang bersumber dari Dana Desa. Sasaran penerima bantuan ini adalah Keluarga miskin yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan, belum terdata menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan kartu pra kerja, serta yang mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.