Ini Tiga Kriteria Penilaian Dalam Ajang Lomba Dusun

Banda Aceh – Kecamatan Kuta Alam bekerjasama dengan Pemerintah Gampong Kotabaru kembali melaksanakan kegiatan penilaian pengumuman Lomba Dusun pada Senin (15/02/2021).

Adapun presentasi masing-masing ulee jurong telah dilakukan pada pekan lalu.

Lomba yang dikhususkan bagi para Ulee Jurong di Gampong Kotabaru ini telah memasuki tahun ke-2 pelaksanaan setelah di tahun 2019 juga dilaksanakan kegiatan yang sama.

Tim juri yang diketuai oleh Kasi Pemerintahan Mukim & Gampong Kecamatan Kuta Alam Boy Ferdian.SE mengatakan kegiatan ini sejalan dengan program pembinaan yang tengah dilakukan oleh pihak kecamatan dan juga mendukung Program Smart City yang telah dicanangkan oleh Pemko Banda Aceh.

Dijelaskan oleh Boy, setidaknya ada tiga aspek yang dinilai yaitu kategori bidang pemerintahan, kebersihan, dan hunian sehat yang masing-masing telah di tetapkan oleh tim penilai dari pihak DLHK3 untuk kategori kebersihan dan Dinkes Kota Banda Aceh untuk kategori hunian sehat.

“Dalam pelaksanaan kali ini ada peningkatan pada penyampaian dan presentasi oleh ulee jurong dan kita coba gali pengetahuan para ulee jurong disesi tanya jawab seperti isu-isu sosial dan pembangunan baik itu digampong maupun di Kota Banda Aceh,” kata Boy yang ikut menilai untuk kategori bidang pemerintahan.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh Camat Kuta Alam Reza Kamilin, S.STP dan berharap dapat menjadi kalender tetap di Gampong Kotabaru serta bisa dicontoh oleh gampong lainnya.

“Kami berharap tidak hanya di Kotabaru saja namun semua ulee jurong yang ada dalam wilayah Kecamatan Kuta Alam lebih berkualitas dan berani tampil serta mampu menjadi ujung tombak dalam pemberdayaan dan pembangunan gampong”, katanya.

Dari lima Ulee Jurong yang ada di Gampong Kotabaru, keluar sebagai juara pertama yaitu Ulee Jurong Tgk. Cot Plieng dan diikuti oleh Ulee Jurong Lam U dan Malikul Saleh diurutan ke-2 dan 3. Sedangkan Ulee jurong Di Bitai dan Tanoh Abe masing-masing sebagai harapan 1 dan 2.

(bf/ann)