Gampong Mulia Bersinar dan Siaga Darah

Banda Aceh – Walikota Banda Aceh Aminullah Usman mencanangkan Gampong Mulia sebagai Gampong Bersinar (Bersih Narkoba) dan Gampong Siaga Darah pada Selasa (09/02/2021) di Lingkungan Kantor Keuchik Gampong Mulia.

Gampong Mulia merupakan gampong ketiga di Kecamatan Kuta Alam yang telah menjadi Gampong Bersinar, setelah sebelumnya dicanangkan Gampong Peunayong pada 2019 dan Gampong Beurawe pada 2020.

Acara dibuka dengan tarian Aceh Ranup Lampuan oleh anak-anak sanggar Sekolah Methodist Aceh dan dibuka langsung oleh Keuchik Gampong Mulia Syukriadi.

Dalam sambutannya, Syukriadi berterima kasih kepada para pihak BBN Kota dan Provinsi terhadap pembinaan satgas-satgas dari Gampong Mulia.

“Mudah-mudahan dengan keberadaan satuan tugas/relawan anti narkoba ini, Gampong Mulia benar-benar bersih dan sesuai dengan apa yang akan dideklarasikan pada hari ini yaitu Mulia menjadi Gampong Bersinar (Bersih Narkoba),” Katanya.

Nantinya para satuan tugas/relawan ini akan memberikan sosialisasi dan pemahaman bagaimana efek terhadap penyalahgunaan narkoba.

Kepala BNN Kota Banda Aceh, Hasnanda Putra ST.,MM.,MT dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Gampong Mulia yang mendeklarasikan sebagai Gampong Bersinar dan mempertegas komitmen Walikota bahwa Kota Banda Aceh harus menjadi Kota yang bersinar, tentunya diawali dari gampong-gampong yang bersinar.

“Semoga deklarasi pada hari ini tidak hanya sekedar seremonial, tetapi kita bisa melakukan berbagai kegiatan aksi dan kreasi. Karena bagaimanapun juga, menghadapi penyalahgunaan narkoba ataupun peredaran narkoba harus menggunakan strategi yang mengikuti perkembangan zaman, seperti media sosial dan lainnya”.

“Dengan mendekati semoga golongan termasuk kaum milenial, perang terhadap narkoba ini tidak hanya menjadi tugas BNN, TNI dan Polri tetapi bisa menjadi tugas kita bersama”, Kata Hasnanda.

Deklarasi ditandai dengan pemukulan Rapai oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bersama Kepala BNN Kota Banda Aceh Hasnanda Putra, Kabid Rehabilitasi BNN Provinsi Aceh Sayuti, Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Usman, Ketua PMI Kota Banda Aceh Qamaruzzaman Hagny, Camat Kuta Alam Reza Kamilin dan Keuchik Gampong Mulia Syukriadi.

Walikota dalam arahannya menyampaikan ucapan terima kasih dan dukungan kepada seluruh masyarakat Gampong Mulia, Pemerintah Kecamatan Kuta Alam dan BNN Kota Banda Aceh serta semua yang terlibat dalam Deklarasi Gampong Mulia Bersinar.

 “Dalam dunia narkoba ini, saya tidak melihat ada orang-orang yang hebat, ujung-ujung pasti meninggal ataupun penjara. Narkoba juga pelanggaran bagi Syariat Islam, karena sudah diharamkan dalam agama,”  tegas Walikota Aminullah.

Selain dilakukan pembacaan Ikrar Anti Narkoba oleh satuan tugas Anti Narkoba Gampong Mulia, Juga dibuat Nota Kesepahaman atau Perjanjian dengan pihak BNN dan juga PMI melalui gampong siaga darah dan diharapkan kebutuhan darah di Kota Banda Aceh dapat terpenuhi dengan diadakan bakti sosial donor darah.”

Camat Kuta Alam, Reza Kamilin juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pihak yang telah mensukseskan acara pada hari ini.

 “Alhamdulillah kita sudah memfasilitasi pembentukan tiga gampong bersinar di wilayah kecamatan kuta alam yaitu Gampong Peunayong, Beurawe dan Mulia”, Katanya.

“Gampong bersinar adalah tujuan bukan akhir dari segalanya. Bahwa Gampong Bersih Narkoba adalah sebuah tujuan kita bersama bagaimana gampong tersebut bebas dan bersih dari narkoba. Untuk mencapai itu semua perlu proses, salah satunya dengan menetapkan gampong bersinar”. Kata Reza

Lanjutnya,  saat ini keaktifan satgas telah dibentuk, pembinaan dari BNN sehingga seluruh warga yang ada digampong tersebut sadar akan bahayanya narkoba dan berusaha bersama-sama mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba yang dapat merusak generasi penerus bangsa, tutupnya.

(ann)