TP PKK KECAMATAN KUTA ALAM MENGADAKAN SOSIALISASI “KENAL DEKAT DENGAN THALASEMIA”

 

Banda Aceh – TP PKK Kecamatan Kuta Alam pada kesempatan Arisan Rutin Bulanan dengan TP PKK Gampong mengadakan Sosialisasi yang bertajuk ” Kenal Dekat Dengan Thalasemia” bekerja sama dengan Ibu Nurjanah Husen pendiri Darah Untuk Aceh ( Rabu, 9 September 2015).

Terkait latar belakang pemilihan acara sosialisasi thalassemia, Ibu Ketua PKK Febi Mutia dalam sambutannya mengakui belum banyak masyarakat belum mengetahui tentang penyakit tersebut hingga perlu diadakan sosialisasi ini untuk memberikan pengetahuan baru serta menggugah rasa kemanusiaan kita. Ibu Nurjanaah Husein Sukarelawan yang sudah pernah tampil di Acara Kick Andy sebagai Wanita Pejuang Thalesemia ini menjelaskan bahwa Penyakit Thalasemia memang tidak banyak dikenal oleh masyarakat. Penyakit ini memang tidak sepopuler penyakit lain seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes namun penderita thalasemia sendiri cukup besar di Indonesia. Jika anda atau salah satu keluarga anda sedang mengalami penyakit ini, sebaiknya anda memperkaya diri dengan pengetahuan seputar thalasemia untuk mengurangi resiko yang lebih besar. Pengetahuan mengenai penyakit thalasemia akan membantu anda untuk melakukan melakukan deteksi gejala dini agar anda bisa terhindar dari bahaya yang cukup serius. Bahaya yang cukup serius ini disebabkan karena Thalasemia merupakan penyakit yang bisa diturunkan atau diwariskan kepada garis keturunan anda.

selanjutnya Ibu Nurjanah Menjelaskan Untuk mencegah jenis thalasemia mayor, diharapkan pembawa sifat thalasemia / carrier dapat menikah dengan orang yang mempunyai darah normal. Pencegahan ini dimaksudkan agar anak keturunan dari pasangan tersebut tidak menderita thalasemia mayor. Pencegahan ini tidak menutup kemungkinan anak keturunannya nanti mengalami thalasemia minor namun jenis ini tidak menimbulkan implikasi yang lebih parah dibandingkan jenis mayor. Pengertian antara kedua pasangan untuk melakukan tes darah sebelum menikah sangat penting untuk masa depan keturunannya. Komitmen untuk menjaga kesehatan kedua pasangan dan keturunannya akan mengurangi resiko penyakit thalasemia.

Acara kemudian ditutup dengan Tanya Jawab Peserta dengan Ibu Nurjannah Husen dilanjutkan dengan pemutaran video anak-anak Kecil yang menderita Thalesemia dan sangat membutuhkan bantuan darah dari kita, hampir seluruh peserta tampak meneteskan air mata mereka melihat tayangan tersebut. Setelah mengetahui dan melihat sendiri bagaimana thalassemia, kami bertekad akan berusaha mendonorkan darah demi meringankan penderitaan adik-adik kecil tadi. ,” ungkap Sri,Ibu PKK gampong Kuta Alam.