Lampulo terima penghargaaan Desa Wisata 2012

Banda Aceh – Desa Lampulo di Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh, yang berhasil bangkit dari keterpurukan akibat tsunami, menerima penghargaan sebagai Desa Wisata 2012, dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Piagam penghargaan diserahkan Wakil Menteri Parekraf, Sapta Nirwanda kepada Keuchik Lampulo, Alta Zaini di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (25/9/2012).

“Alhamdulillah, kami warga Lampulo besyukur atas penghargaan ini. Mudah-mudahan kami lebih terpacu lagi mengembangkan Lampulo sebagai desa wisata,” kata Alta seusai menerima penghargaan. Ia hadir bersama fasilitator PNPM Pariwisata Desa Lampulo, Mukhtar Mahmud.

Penghargaan Desa Wisata ini diberikan sebagai apresiasi bagi keberhasilan masyarakat, dalam mengembangkan daerah wisata di desa masing-masing. Desa Wisata yang masuk dalam nominasi untuk diberikan penghargaan yaitu, desa penerima PNPM Mandiri yang diusulkan Dinas Pariwisata sebanyak 72 desa dari 20 propinsi di Indonesia. Sementara, Desa Lampulo, merupakan satu dari 24 desa di Aceh yang menerima bantuan PNPM Pariwisata.

“Ini adalah penghargaan pertama untuk desa yang diberikan pemerintah, dan Aceh langsung mendapat penghargaan. Ini bukti sukses warga mengembangkan desanya,” kata Kepala Dinas Pariwisata Banda Aceh, Reza Fahlevi.

Selain menerima piagam penghargaan, Desa Lampulo juga menerima hadiah uang tunai Rp 5 juta untuk pembinaan pengembangan wisata. Penyerahan penghargaan Desa Wisata itu juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Aceh Prof Jasman J Ma’ruf, mewakili Gubernur Aceh.

sumber : aceh.tribunnews.com