Gampong Mulia jadi Program Prioritas Nasional IBM di Kota Banda Aceh

Banda Aceh – Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh ditetapkan menjadi Program Prioritas Nasional IBM oleh BNN RI.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan yang diselenggarakan pada Jum’at (19/3/2021) di Aula kantor Camat.

Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) merupakan upaya terkini yang dilakukan oleh BNN dalam penanggulangan Narkoba di Indonesia khususnya Rehabilitasi. Dengan adanya program ini, masyarakat diajak untuk berperan aktif dalam pemulihan para pecandu yang di dalamnya terdapat Pemulihan Berbasis Masyarakat dan Agen Pemulihan.

Sesuai hasil Koordinasi dengan pusat, desa yang akan dijadikan PN IBM tahun 2021 adalah:

1. BNNP Aceh, ds blang krueng (bukan ds bersinar)

2. Banda Aceh, Kp mulia (ds. bersinar)

3. Pidie, ds benteng (bersinar)

4. Pijay, ds Alue me (bersinar) 

5. Bireuen, ds Geudong Alue, (bersinar)

Dalam pertemuan yang dibuka oleh Camat Kuta Alam, Reza Kamilin, S.STP turut hadir Desi Rosdiana dari BNN Kota Banda Aceh, Keuchik Gampong Mulia, Ketua TPG dan Ketua Pemuda, Kapolsek, Danramil serta Keuchik Gampong Laksana, Kota Baru dan Lampulo.

Dalam sambutannya, Camat sangat berterima kasih kepada BNN Kota dengan terpilihnya Gampong Mulia menjadi Program Prioritas Nasional IBM dan berharap gampong dapat menjadikan ini sebagai momentum yang tepat selaras dengan telah di tetapkan sebagai gampong yang BERSINAR (Bersih Narkoba).

“Kita berharap program ini dapat menjadi program pencegahan dan pemulihan untuk pengguna dan pecandu narkoba dapat teratasi dengan baik”, katanya.

Desi Rosdiana dari BNN Kota Banda Aceh juga menyampaikan nantinya mereka akan melatih para kader IBM dan membekali mereka dengan pengetahuan dan pemahaman tentang pencegahan narkoba agar nantinya masyarakat dapat diberikan pemahaman tentang bahaya narkoba ini.

Koordinator kegiatan, Kasi Pemerintahan Mukim dan Gampong, Boy Ferdian SE menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini semua gampong dalam Wilayah Kecamatan Kuta Alam akan diberikan Sosialisasi Gampong BERSINAR dan target di tahun 2022 akan juga di bentuk IBM di Gampong-Gampong yang ada.

(bf/ann)