Kuta Alam Raih Posisi Ketiga dalam Lomba Cerdas Cermat KIG

Banda Aceh – KIG kecamatan kuta alam meraih poisi ketiga dalam lomba cerdas cermat yang diikuti oleh 9 kecamatan yang ada dikota banda aceh. Kegiatan yang diselenggarakan oleh  Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) ini berlangsung pada kamis (3/10/19)  di Aula Gedung C Balai Kota Banda Aceh.

Adapun yang keluar sebagai juara pertama yaitu KIG Kecamatan Syiah Kuala dan juara kedua oleh KIG Banda Raya. Masing- masing pemenang mendapatkan piala dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Kadiskominfotik Banda Aceh, Bustami.

Pada putaran pertama KIG kec. Kuta Alam yang berada di Grup C bertanding melawan KIG kec. Lueng bata dan KIG kec. Kuta Raja dan keluar sebagai pemenang masuk ke putaran final melawan KIG kec.syiah kuala yang keluar sebagai pemenang pada Grup A dan KIG kec. Banda Raya yang keluar sebagai Pemenang di Grup B.

KIG Kec. Kuta Alam

Sebelumnya, acara dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin. Dalam sambutannya ia berharap melalui kegiatan ini akan membentuk masyarakat yang aktif, peduli, peka, dan memahami informasi.

Menurutnya, percepatan pembangunan suatu gampong akan lebih mudah dengan peran serta masyarakat. “Karenanya, keberadaan KIG di tengah-tengah masyarakat diharapkan mampu menjadi mitra sejati pemerintah dalam menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat.”

Kelompok Informasi Gampong (KIG) ini sendiri merupakan media forum kelompok masyarakat yang memilki aktifitas mengikuti informasi dari berbagai sumber, kemudian mendiskusikan hasil monitoring dan menyalurkan informasi kepada masyarakat sekitarnya serta untuk lebih lanjut dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Singkatnya KIG merupakan layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

(ann)