Menumbuhkembangkan Jiwa Nasionalisme Anak dalam Menyambut HUT RI Ke 74

Banda Aceh – Kegiatan Lomba menggambar dan mewarnai tingkat PAUD sekecamatan Kuta alam berlangsung meriah pada selasa (20/8/19). Kegiatan ini berlangsung di Lapangan tenis outdoor kantor camat yang diikuti oleh 200 orang peserta perwakilan dari anak-anak PAUD sekecamatan Alam yang dibuka langsung oleh  Walikota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE.Ak, MM dan Bunda PAUD Kota Banda Aceh HJ. Nurmiaty Ar. Turut hadir para Asisten I, II dan III, kepala SKPK dilingkungan kota banda aceh, ketua dharmawanita persatuan kota banda aceh, bunda paud kecamatan, unsur muspika kecamatan, para Sponsor serta para tamu undangan lainnya.

Camat Kuta Alam selaku penyelenggara acara menyampaikan tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan daya kreatifitas dan imajinasi anak, meningkatkan kepercayaan diri anak, meningkatkan pola berfikir anak, meningkatkan kualitas pendidikan PAUD, dan selain bersamaan dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 74 ini, bertujuan juga untuk menubuhkembangkan jiwa nasionalisme anak. Bagaimana anak memahami HUT kemerdekaan ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan kebangsaaan.

Dengan mengangkat tema acara HUT Kemerdekaan RI, anak-anak diminta untuk menggambar segala hal yang berkaitan dengan kemerdekaan. Nantinya kepada para pemenang akan diberikan Tropi dan uang pembinaan, serta goody bag kepada semua peserta.

Walikota Banda Aceh mengapresiasi Camat Kuta Alam dan Bunda PAUD kecamatan juga seluruh panitia yang terlibat dalam acara yang telah menginisiasi pelaksanaan acara lomba menggambar dan mewarnai  tingkat PAUD dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 74. Serta kepada para sponsor yang telah mendukung terlaksananya acara yang sebesar ini.

Penyelenggaraan even ini juga sesuai dengan visi dan misi kota banda aceh mewujudkan banda aceh yang gemilang dalam bingkai syariah dimana pembangunan dalam bidang agama, ekonomi dan pendidikan dimana membuat anak-anak untuk mengeksplorasi bakat-bakatnya serta menanamkan nilai keberanian dan percaya diri anak.

Selaku Bunda PAUD Kota Banda Aceh, Ibu Hj. Nurmiaty Ar juga menyampaikan “pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat menentukan masa depan bangsa. Mereka merupakan calon-calon pemimpin bangsa dimasa depan. Sehingga apa yang orang dewasa kenalkan kepada mereka hari ini akan mewarnai wajah bangsa dimasa depan.”

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan kreatifitas dan minat anak usia dini seperti yang tertuang dalam UU No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidkan nasinal pasal (1) ayat 14 Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Ibu Nurmiaty juga berpesan kepada seluruh orang tua dan pendidik PAUD untuk dapat menstimulus secara tepat anak usia dini agar dapat melahirkan generasi yang dapat mengharumkan bangsa dan dapat memahami peran orang tua dan pendidik yang bukan hanya sebagai mengajak mereka bernyanyi, mengenalkan angka dan huruf, tetapi juga dapat membentuk karakter anak.

Kegiatan ini juga banyak bermitra kepada beberapa sponsor yang banyak memberikan paket-paket berisi alat tulis dan tempat makan juga yang berkaitan dengan kebutuhan anak-anak sekolah. Ucapan terima kasih juga tidak lupa disampaikan oleh camat kepada para sponsor dan donatur, seperti gramedia yang memberikan 200 pcs goody bag yang berisi alat tulis dan tempat makan, Morinaga berupa paket susu dan biskuit. Selain itu ada juga beberapa percetakan seperti Intan Pariwara,  Erlangga, Pustaka Paramitha, Telkomsel dengan beberapa merchendisenya beserta tropi. Beberapa perbankan diwilayah kecamatan seperti BRI unit Jambotape, Bank Aceh, BNI Syariah. Dari PDAM, Kriyad Hotel dan dari unit usaha lainnya.

(anna)