Camat Kuta Alam Apresiasi Hidroponik BUMG Gampong Beurawe

Camat Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Fahmi MA Anshary saksikan panen perdana BUMG Beurawe.

BANDA ACEH.liputanaceh.com  – Panen perdana usaha kebun sayur hidroponik milik Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) gampong Beurawe, Kamis (7/2/2019) sore mendapat perhatian dan apresiasi dari Camat Kuta Alam, Kota Banda Aceh  Fahmi M.A. Anshary dan Keuchik Gampong Beurawe, Amri serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.

“saya gembira bahwa ternyata BUMG di Gampong Beurawe ini mampu menghasilkan sebuah produk yang menunjung pertumbuhan ekonomi masyarakat. Bahwa BUMDes secara nasional, di Aceh disebut BUMG, tujuan utamanya sebagai peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penampungan tenaga kerja, peningkatan ekonomi serta adanya sumbangan PAD bagi gampong “, kata Fahmi.

Tapi sebenarnya, tambah Camat Kuta Alam ini,  yang paling penting adalah pertumbuhan ekonomi masyarakat, dapat menampung tenaga kerja, ada tambahan penghasilan masyarakat, yang paling penting dapat mengurangi angka kemiskinan kita.

“Sekali lagi saya sangat gembira dan mendukung sepenuhnya. Saya berharap perlu ekspansi yang lebih, artinya mengikat kerja sama dengan restoran mungkin, bahkan hotel. Kemudian supaya ini terus berlanjut, dengan memperluas lokasi dan jumlah produksinya supaya semakin lebih menguntungkan bagi masyarakat “, ujar Fahmi.

Sementara Jumaidi, Direktur BUMG Gampong Beurawe mengatakan  hingga saat ini di lokasi  usaha hidropinik ini yang baru ditanam yaitu jenis sayur kangkung dan selada,” Sore ini kita panen kangkung dengan  hasil satu  meja 120 Cm X 3 meter, bisa menghasilkan sekitar 18 kilogram kangkung dalam 17 hari sejak ditanam dalam demplot, sedangkan selada akan bisa panen beberapa hari lagi ke depan”, kata Jumaidi .

Dikataknnya, selain hidroponik sudah ada unit usaha lain pelayanan pembayaran rekening listrik, air, mapun telepon. Dan sedang dalam proses penjajakan membuka unit lainnya yaitu usaha pengelolaan sampah gampong.

Sementara Keuchik Gampong Beirawe, H.Amri,Sos, mengatakan pihaknya mendukumg sepenuhnya semua program BUMG dengan catatan pengurus BUMG betul-betul serius mengurus beragai unit usaha,” Kita dukung semua program kegiatan yang bersifat kemajuan dan mensejahtrakan masyarakat, termasuk dukungan dana untuk mensuport berkembangnya BUMG ini ”, kata Amri. (ks)

sumber: [https://www.liputanaceh.com/camat-kuta-alam-apresiasi-hidroponik-bumg-gampong-beurawe/]