Penilaian Gampong Sehat Gemilang

Banda Aceh – Penilaian Gampong Sehat Gemilang (GSG) tahun 2018 yang dilaksanakan di Gampong Kuta Alam, Kecamatan Kuta Alam oleh tim GSG Kota Banda Aceh pada Senin Pagi (29/10/2018). Kegiatan ini melibatkan pihak kecamatan, Puskesmas Kuta Alam, Posyandu Kartika dan Kenanga serta masyarakat gampong kuta alam.

Ketua Tim GSG, dr. Quratul Aini dkk menyampaikan penilaian ini diharapkan akan memotivasi gampong agar lebih menjaga kesehatan lingkungan, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) serta kesehatan keluarga. Gampong Gemilang merupakan suatu inovasi terkait suatu sistem perubahan perilaku dan sadar kesehatan dimasyarakat. Pentingnya menjaga lingkungan merupakan suatu tindakan awal dalam menjaga diri dari berbagai penyakit dimulai dari diri sendiri, maupun lingkungan sekitar.

Gampong Sehat Gemilang (GSG) terbentuk pada tahun 2015 dengan nama MGS (Model Gampong Sehat), pada Tahun 2017 MGS dirubah menjadi GSG karena disesuaikan dengan visi-misi walikota Banda Aceh Tahun 2015-2017, untuk mewujudkan Gampong Sehat Gemilang sudah di lakukan pembinaan terhadap 9 gampong yg mewakili 9 kecamatan. Pada Tahun 2018 Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melakukan Pembinaan dan penilaian terhadap 10 gampong yaitu Gampong baro, Gampong pie, punge blang cut, lamlagang, sukaramai, lambhuk, kopelma Darussalam, merduati, lamseupeung dan kuta alam.

[anna]